SILABUS MATA KULIAH
Mata Kuliah : Pendidikan Matematika 1
Jumlah SKS : 2 SKS
Dosen : Dr. Yantoro, M.Pd
: Suci Hayati, M.Pd
TUJUAN :
Mata Kuliah ini bertujuan memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang pembelajaran matematika di SD berdasarkan hakikat anak didik dan hakikat matematika yang diramu dengan teori-teori belajar matematika pada pembelajaran matematika di SD.
Sebaran Mata Kuliah Selama Satu Semester
Pertemuan | Materi | Pokok Bahasan | Metode | Sumber |
1 s/d 3 | Pembelajaran MTK di SD | Teori belajar pada pembelajaran matematika di SD
· Hakikat anak didik pada pembelajaran matematika · Teori-teori belajar matematika pada pembelajaran matematika di SD · Hierarki pembelajaran matematika di SD |
Diskusi dan tanya jawab | Buku yang relevan |
4 | · Pembelajaran lambang bilangan dan nilai tempat di SD | |||
5 | Bilangan cacah | · Menjelaskan operasi penjumlahan bilangan cacah
· Menjelaskan sifat-sifat penjumlahan bilangan cacah · Menjelaskan operasi pengurangan bilangan cacah · Menjelaskan sifat-sifat pengurangan bilangan cacah |
Diskusi dan tanya jawab | Buku yang relevan |
6 | · Menjelaskan operasi perkalian bilangan cacah
· Menjelaskan sifat-sifat perkalian bilangan cacah · Menjelaskan operasi pembagian bilangan cacah · Menjelaskan sifat-sifat pembagian bilangan cacah |
|||
7 | Bilangan bulat | · Bilangan bulat dan lambangnya serta pembelajarannya di SD
· Operasi penjumlahan pada bilangan bulat dan sifat-sifatnya serta pembelajarannya di SD · Operasi penjumlahan pada bilangan bulat dan sifat-sifatnya serta pembelajarannya di SD
|
Diskusi dan tanya jawab | Buku yang relevan |
8 | · Menjelaskan operasi perkalian pada bilangan bulat
· Menjelaskan arti perkalian dengan menggunkaan alat peraga tertentu · Menjelaskan sifat- sifat perkalian pada bilangan bulat |
|||
9 | · Menjelaskan operasi pembagian pada bilangan bulat
· Menjelaskan arti pembagian dengan menggunkaan alat peraga tertentu Menjelaskan sifat- sifat pembagian pada bilangan bulat |
|||
11 | perpangkatan/penarikan akar pada bilangan bulat | · Perpangkatan/penarikan akar bilangan bulat dan penggunaannya
· Bilangan Romawi |
Diskusi dan tanya jawab | Buku yang relevan |
12 | kelipatan dan faktor bilangan | · Kelipatan dan faktor bilangan
· Kelipatan persekutuan, faktor persekutuan, dan bilangan prima |
Diskusi dan tanya jawab | Buku yang relevan |
13 | KPK dan FPB | · KPK dan FPB
· Penerapan KPK dan FPB
|
Diskusi dan tanya jawab | Buku yang relevan |
14 | Bilangan pecahan biasa dan pecahan desimal | · Bilangan Pecahan dan operasinya
· Pecahan desimal |
Diskusi dan tanya jawab | Buku yang relevan |
15 | Bilangan rasional dan bilangan irasional serta cara mengajarkannya | · Bilangan rasional dan sifat-sifatnya
· Bilangan irasional dan sifat-sifatnya · Cara Mengerjakan bilangan rasional dan bilangan irasional si SD |
Diskusi dan tanya jawab | Buku yang relevan |
16 | Persen dan perbandingan | · Persen: konsep persen operasi dan pembelajrannya
· Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan persen |
Diskusi dan tanya jawab | Buku yang relevan |
EVALUASI
- Kehadiran
- Laporan tugas harian, kinerja di kelas (diskusi dan penyajian laporan), kuis
- UTS
- UAS
STRATEGI PEMBELAJARAN
Dalam perkuliahan Pengantar Pendidikan ini, proses pembelajaran dilakukan dengan mengedepankan prinsip pembelajaran aktif serta dengan menggunakan pendekatan Students Centris, yakni mengutamakan peran aktif mahasiswa dalam pembelajaran. Untuk itu strategi pembelajaran yang dapat digunakan antara lain sebagai berikut:
- Brainstorming (curah gagasan)
- E-Learning
- Diskusi
KONTRAK MATA KULIAH
- Hadir tepat waktu
- Setiap peserta selama mengikuti perkulihan berpakai sopan, rapi mencerminkan sikap dan jiwa seorang guru
- Harus saling memberikan semangat dan motivasi kepada teman dan selalu memberikan masukan konstruktif
- Bagi peserta yang akan tampil harus berpakaian rapih dan sopan
- Membuat resume materi
- Menyiapkan materi dan media bagi yang akan tampil
- Setiap peserta diberikan waktu tampil maksimal 15 menit
Jambi, September 2015
Dosen Penanggung Jawab
Dr. Yantoro, M.Pd
Suci Hayati, M.Pd